dari bisa sampai lupa :)

Di jaman semua orang harus bisa ada di banyak tempat dalam waktu singkat, kemampuan yang satu ini sangat dibutuhkan. Karena transportasi umum di Indonesia (pada umumnya) masih belum bisa diandalkan soal ketersediaan dan ketepatan waktunya maka membawa kendaraan sendiri menjadi salah satu solusi bagi sebagian besar orang saat ini. Dampak besarnya adalah kemacetan yang semakin luar biasa pfiuhhh…

Saya termasuk orang yang membuat kemacetan itu karena setiap hari saya membawa kendaraan sendiri ke kantor. Kadang-kadang barengan ma suami kalo pas suami ga punya acara pagi atau sore. Di Yogya ini lebih enak pake motor daripada mobil, jadinya kita ke mana-mana naik motor kecuali pas pergi bareng anak dan keluarga lainnya. Keuntungan naik motor ini sih yang pasti bisa nyelip-nyelip. Kalo berangkat pagi naik mobil mungkin bisa abis 30-45 menit, sementara kalo naik motor mah 15-20 menit perjalanan sudah bisa duduk manis di kantor.

Sebenernya transportasi umum di Yogya ini sudah cukup baik dari segi ketersediaan. Yah paling nggak ada bis umum biasa dan bis transyogya. Tapi sayangnya, bis-bis ini kurang bisa menjangkau kawasan pemukiman di pinggiran kota. Padahal banyak banget orang “pinggiran” (baca: Sleman atau Bantul) yang kerja/sekolah di kota. Jadi daripada ribet gonta ganti bis mending bawa kendaraan sendiri aja. Lebih gampang. Coba bayangin deh, kalo rumahnya itu masuk dari jalan raya kira-kira 2 km dan satu-satunya rute bis yang lewat di jalan raya itu ga nglewatin kantor/sekolahnya, gimana susahnya pergi ke kantor/sekolah tiap pagi. SUSAH. Ehm.. sebenernya BISA sih tapi memang agak ribet dan butuh waktu lama. Jadi harus naik becak/sepeda dulu sampai jalan raya trus baru naik bis sampai ke titik pertemuan dengan bis lain yang menuju kantor/sekolahnya. Bisa tho tapi biasanya malas untuk melakukannya. Lebih gampang naik motor/mobil, sekali naik langsung sampai deh.

Eh ini kok malah jadi agak melebar bahasannya. Awalnya mo cerita kenapa kok sekarang saya jaarang banget bahkan nyaris ga pernah nyetir. Alasan utamanya sih malas. Banyak macet, males nahan-nahan kopling mulu hehe.. Alasan tambahannya sih karena kalo pergi pasti sama suami terus jadi biarkanlan beliau yang berkarya, nyonya tinggal duduk manis 😀

Mulai naik motor kelas 1 SMA dengan SIM yang nembak tentunya dan sampai sekarang masih aktif naik motor. Bisa nyetir mobil kira-kira pas kuliah umur 20an. Awalnya diajarin nyetir sama sopir dari kantornya bapak dan sempet ikut kursus nyetir juga. Naik mobilnya cuma kalo pas kuliah sore atau pas hujan, pokoknya selama mobil itu ga dipake sama ibu. Tapi ya bisanya cuma naik mobil ibu terus, ga pernah sekalipun naik mobil bapak. Alasannya sih karena mobil ibu lebih pendek dan ramping tapiii alasan sebenernya adalah karena takut. Takut dimarahin bapak kalo mobilnya kebaret. Lha si bapak ini pasti liat deh kalo ada baretan dikit di mobilnya jadi bikin males duluan kalo mo pake mobil itu.
Selama nyetir sih belum pernah kejadian tertentu yang bikin trauma. Belum pernah nabrak ataupun nyerempet orang. Pernah beberapa kali ke luar kota sendiri juga. Kenikmatan terbesar dari naik mobil sendiri adalah bisa nyanyi keras2 di mobil tanpa ada yang protes 😀

Sekarang ini kalo baru pas musim ujan pengen banget bisa pake mobil ke kantor. Tapi trus mikir kalo ujan kan semua jadi bawa mobil buat anter anaknya jadilah jalan itu rame dan macet. Berangkat juga mesti lebih pagi kan. Mana kalo ujan super deres, ga berani nyetir sendiri karena pasti ga keliatan jalan. Mata ini kan dah minus2 jadi suka burem2 gitu kalo pas ujan atau pas kena sinar lampu. Ah repot amat sih.

So kayanya harus nekad nih untuk nyetir mobil lagi. Biar ga banyak bergantung ma suami. Plus juga kalo kejadian emergency bisa langsung berangkat tanpa harus nunggu taksi. Yuksss..

transport-female-sexism-sexists-cheapness-insurance_cover-rde9433l

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s