Ayo coblos!

Pemilihan umum telah menanti kita
Sluruh rakyat menyambut gembira
….. ….. …. (lupa lanjutan liriknya hehe..)

Dulu lagu tema pemilu ini sering sekali diputar di televisi/ radio menjelang Pemilu. Saya agak lupa tepatnya, di masa apa tepatnya lagu ini diputar. Mungkin pas masa orde baru.

Apakah kita menyambut dengan gembira?
Rasanya nggak ya. Akhir2 ini rasanya pesimis sekali dengan masa depan bangsa ini. Banyak kasus negatif yang menimpa jajaran legislatif dan eksekutif. Banyak media yang mengupas tuntas tentang perilaku mereka.
Di sisi lain, tetap ada pemimpin2 daerah yang baik dan sunguh2 bekerja serta tokoh2 masyarakat yang benar2 mengabdi untuk kemajuan Indonesia. Ini yang mungkin kurang mendapat tempat di media sehingga gaung mereka sayup2 terdengar.

Oh ya, tahukah anda bahwa Pemilu akan dilaksanakan kurang dari sebulan lagi?
Tepatnya tanggal 9 April 2014. Itu untuk pemilihan anggota legislatif ya (DPR dan DPD).
Sementara pemilihan presiden akan dilaksanakan 9 Juli 2014.

Ah tapi kan nggak tau siapa calonnya?
Nah itu di jalan banyak reklame-reklame calon. Mau yang cantik/ tampan, mau yang muda/ tua, mau yang punya banyak gelar. Semua ada.
Tapi untuk lebih lengkapnya silakan liat laman KPU. Di laman KPU Pusat ada daftar calon tetap (DCT) anggota DPR RI dan DPD RI sesuai daerah pemilihan masing2. Boleh dicek satu-satu. Biasanya ada foto dan riwayat hidupnya.
Untuk DPRD Provinsi dan kota/kabupaten silakan liat laman KPU masing2 daerah ya. Disana juga pasti ada DCT anggota DPRD per dapil.
Karena saya tinggal di Yogya, saya beri link yang untuk DIY saja 🙂

Pemilu itu penting. Kenapa?
Karena buat saya, ini juga menentukan nasib bangsa (secara langsung ataupun tidak langsung). Walaupun saya juga pesimis terhadap perilaku anggota2 Dewan ini kelak tapi saya harus tetap memilih. Dengan memilih, kita bisa bersuara dan ikut andil dalam menilai perilaku dan kinerja mereka ini. kita punya hak karena kita yang memilih mereka. Tapi seandainya kita memilih golput, (seharusnya) tidak boleh “protes”. Lha kalo kita ga ikut berpartisipasi dalam suatu acara, apa ya boleh kita ikut campur dan ikut marah2 kalo acaranya jelek/gagal? Buat saya sih analoginya begitu.

Jadi… usahakan untuk memilih. Ingat, satu suara itu berarti banyak untuk masa depan.
Jadilah pemilih yang cerdas dengan berusaha mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang caleg. Semoga tidak sampai sampai salah pilih.
Selamat memilih.
Jangan lupa mencoblos di tanggal 9 bulan depan ya 🙂

Iklan

4 pemikiran pada “Ayo coblos!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s